D3 Keperawatan

 

DESKRIPSI PRODI

Program Studi Diploma III Keperawatan merupakan program pendidikan yang diarahkan terutama pada kesiapan penerapan keahlian di bidang keperawatan, sebagai perawat pelaksana asuhan keperawatan pada individu, keluarga dan kelompok khusus di tatanan klinik dan komunitas yang memiliki kemampuan dalam memenuhi kebutuhan dasar manusia yang meliputi spek Bio, Psiko, Sosio, Kultural dan Spiritual dalam kondisi sehat, sakit serta kegawatdaruratan Program Studi Diploma III Keperawatan memiliki keunggulan keperawatan komplementer dengan proses pembelajaran yang berlandaskan nilai-nilai kemandirian, inovatif, visioner, beriman dan berorientasi global. Keunggulan tersebut diintegrasikan kedalam proses pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.

PROFIL LULUSAN

Care Provider (Perawat Pelaksana pemberi asuhan pada individu, keluarga dan kelompok khusus di tatanan klinik dan komunitas), Communicator (Interaksi dan Transaksi dengan klien, Keluarga dan Tim Kesehatan), Enterpreneur Kesehatan.

VISI PROGRAM STUDI D-III KEPERAWATAN

Visi PS: Penerapan Akhlaqul Karimah dalam keperawatan keluarga dan komunitas

 

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang profesional, transparan dan bertanggung jawab yang didasarkan atas nilai kepesantrenan.
  2. Mengembangkan kurikulum yang berbasis kompetensi.
  3. Mengembangkan ilmu keperawatan untuk kepentingan pengembangan melalui kegiatan penelitian.
  4. Mengembangkan ilmu keperawatan untuk kepentingan pengembangan melalui kegiatan pengabdian masyak.

 

 

 

TUJUAN DAN SASARAN

Tujuan Sasaran
1.   Tersedianya lulusan perawat yang kompeten, beriman dan bertaqwa yang memenuhi kebutuhan pasar dan mampu menciptakan lapangan kerja 1)  Peningkatan kualitas dan kuantitas penerimaan mahasiswa baru

2)  Peningkatan produktifitas lulusan

3)  Peningkatan kualitas lulusan

4)  Peningkatan penyerapan lulusan

2.    Tersusun kurikulum berbasis kompetensi

 

1)   Peningkatan strata Pendidikan tenaga kependidikan

2)   Peningkatan kegiatan pelatihan dan pengembangan keahlian dosen dan tenaga kependidikan

3)   Peningkatan jabatan fungsional dosen dan tersertifikasi dosen

3.    Tersedianya sumber daya insane yang sesuai dengan bidang keahliannya

 

1)    Peningkatan jumlah penelitian keperawatan

2)    Mendapatkan dana penelitian dari luar institusi

3)    Peningkatan penerbitan jurnal online

4)    Peningkatan kegiatan ilmiah

4.    Tersedianya sarana dan prasarana untuk mendukung terciptanya suasana akademik yang kondusif 1)    Peningkatan keterlibatan mahasiswa saat pengabdian kepada masyarakat dan kegiatan PKM oleh dosen

2)    Peningkatan pengelolaan layanan Pendidikan

3)    Peningkatan jumlah ruang yang menunjang proses pembelajaran